Pages

Rabu, 13 Juli 2011

Bersenggama Dengan Istri Saat Puasa

Sahabat bertanya,
"Ya Rasulullah, saya bersenggama dengan istri dalam keadaan berpuasa."

Rasul menjawab,
"Rasulullah balik bertanya kepada orang itu, apakah engkau mempunyai budak untuk dimerdekakan?"
Orang itu menjawab,
"Tidak punya, Ya Rasulullah."

Rasul bertanya lagi,
"Apakah engkau mampu berpuasa berturut-turut dua bulan lamanya?"
Orang itu menjwab,
"Tidak mampu."

Rasul bertanya lagi,
"Apakah engkau punya makanan untuk dibagikan kepada enam puluh orang miskin?"
Orang itu menjawab,
Tidak punya, Ya Rasulullah."

Mendengar jawaban itu, Rasulullah menyuruh sahabat untuk mengambil sebungkus kurma dan diberikan kepada si penanya tadi dan berkata,
"Ambillah ini dan bagikan sebagai niat sedekah."

Pemberian Rasulullah akhirnya diterima orang itu seraya berkata,
"Apakah saya harus membagikan kurma ini kepada orang-orang yang lebih miskin dari saya, ya Rasulullah?
Demi Allah, saya tidak menjumpai di sini keluarga yang lebih miskin dari keluarga saya."

Rasul tertawa mendengar ucapannya, lalu berkata,"Baiklah, sedekah untuk keluargamu."

Wallahu A'lam, itulah urutan hukuman yang harus dilakukan bilamana kita bersenggama pada siang hari pada saat kita sedang berpuasa.
Penulis yakin, hadits tersebut pada akhirnya telah meringankan beban kepada sahabatnya yang bertanya tadi, mengingat kondisi orang yang bertanya sangatlah miskin sekali di seluruh kampung tempat dia berada.
Lalu bagaimanakah kalau dia tidak miskin???